Rabu, 17 Agustus 2016

Definisi WIsata





Pariwisata halal adalah bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan Muslim. Pelayanan wisatawan dalam pariwisata halal merujuk pada aturan-aturan Islam.

Salah satu contoh dari bentuk pelayanan ini misalnya Hotel yang tidak menyediakan makanan ataupun minuman yang mengandung alkohol dan memiliki kolam renang serta fasilitas spa yang terpisah untuk pria dan wanita.

Selain hotel, transportasi dalam industri pariwisata halal juga memakai konsep Islami. Penyedia jasa transportasi wajib memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam pelaksanaan ibadah selama perjalanan. Kemudahan ini bisa berupa penyediaan tempat sholat di dalam pesawat, pemberitahuan berupa pengumuman maupun adzan jika telah memasuki waktu sholat selain tentunya tidak adanya makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan adanya hiburan Islami selama perjalanan.
Prospek Pariwisata Halal

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh World Travel Market di London pada tahun 2007 disebutkan bahwa ada potensi yang sangat besar bagi pariwisata halal dari sisi ekonomi.

- SPONSORED ADS -

Tulisan lain dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh situs web The Economist juga menyebutkan adanya prospek yang cukup besar bagi indsutri pariwisata halal, tidak hanya berhubungan dengan produk halal seperti makanan ataupun minuman non-alkohol tetapi juga pelayanan yang halal terutama yang berhubungan dengan interaksi antara wisatawan laki-laki dan perempuan.

Hingga 2015, pertumbuhan industri pariwisata halal dapat dikatakan sebagai pertumbuhan terbesar dibandingkan dengan jenis pariwisata lainnya.

Pariwisata halal dalam artikel yang diterbitkan oleh traveltourismindonesia.com digambarkan sebagai berikut:

    Tumbuh 100% lebih cepat daripada sektor wisata lainnya
    Mencapai $ 135 miliar nilai pemesanan perjalanan ke luar negeri (outbound)
    Diprediksikan akan tumbuh hingga $ 200 Miliar pada tahun 2020
    Akan menjadi sebuah generator besar bisnis langsung dan jangka panjang dengan pendapatan maksimum.

Negara Destinasi Wisata Halal Terbaik 2015

Crescentrating.com, sebuah web yang meyediakan informasi mengenai pariwisata halal di dunia menerbitkan laporan mengenai peringkat negara dengan destinasi wisata halal terbaik pada tahun 2015 yang lalu. Daftar peringkat ini dibagi menjadi dua, yaitu peringkat untuk negara yang tergabung dalam OIC (Organisation of Islamic Cooperation) atau Organisasi Kerja Sama Islam serta negara yang tidak tergabug dalam OIC.

Kriteria utama yang diperhitungkan dalam menentukan peringkat meliputi kesesuaian destinasi sebagai tujuan liburan keluarga, tingkat pelayanan dan fasilitas yang disediakan untuk wisatawan Muslim serta inisiatif pemasaran dalam menyasar segmen wisatawan muslim ini.

Di bawah ini merupakan peringkat destinasi wisata halal dunia versi GMTI tahun 2015. Untuk melihat peringkat destinasi wisata halal tahun-tahun berikutnya, silahkan baca artikel Wisatawan Muslim: Prospek, Perkembangan dan Kebutuhannya (lihat di bagian akhir artikel)
Peringkat 10 besar negara destinasi wisata halal yang tergabung dalam OIC

    Malaysia
    Turki
    Uni Emirat Arab
    Arab Saudi
    Qatar
    Indonesia
    Oman
    Yordania
    Maroko
    Brunei Darussalam

Peringkat 10 besar negara destinasi wisata halal yang tidak tergabung dalam OIC

    Singapura
    Thailand
    Inggris Raya
    Afrika Selatan
    Perancis
    Belgia
    Hong Kong
    Amerika Serikat
    Spanyol
    Taiwan

Tidak ada komentar:
Write komentar

About

PT Raya Mandiri Travel